Wednesday, July 9, 2008

Tradisi Dan Kehidupan Masyarakat Sumba


dalam kehidupan sehari-hari,banyak hewan bersliweran disana sini. juga dengan lahan yang boleh dibilang masih banyak yang kosong,pasti kita sudah bisa menduga gimana keadaan sumba secara garis besar.masyarakat pada umumnya bermata pencaharian bertani dan berternak.jika dilihat dari segi geologinya,memang sumba sangat cocok untuk beternak dan bertani.sabana membentang 60% dan sisanya merupakan hutan dan pemukiman penduduk.
tetapi banyak masalah yang dihadapi masyarakat sumba akhir-akhir ini,turunnya hujan yang tidak tratur membuat masyarakat kebingungan dalam segi ekonomi.bagaimana tidak,kadang2 hujan turun hanya beberapa kali dalam setahun.panenpun jadi gagal dan kekeringanpun terjadi dimana-mana.tradisi masyarakat sumba yang membuka lahan pertanian dengan cara membakar ladang dan menebang hutan tanpa terkontrol merupakan salah satu penyebabnya.rendahnya ilmu pengetahuan masyarakat tentang lingkungan hidup itu sendiri boleh dibilang masih sangat rendah.
telah dilakukan beberapa cara untuk menyadar kan masyarakat sumba dari kebiasaan tersebut.namun rupanya tradisi tersebut sudah mendarah daging dikalangan masyarakat sumba pada umumnya.dan juga tradisinya untuk menyembelih hewan secara besar-besaran kalau lagi ada pesta dan kedukaan itu juga agak susah dihilangkan.harapan untuk generasi muda kedepan adalah mengubah tradisi-tradisi buruk masyarakat sumba agar tidak lagi membakar hutan dan menyembelih hewan dalam jumlah besar yang merugikan masadepan masyarakat sumba itu sendiri. salam....

by : lambertus gaina dara

E_Mail : gaina.dara@yahoo.com
: pangeran.sumba@yahoo.com
: lambertus.gd@gmail.com
friendster : www.friendster.com/sumbanis
: www.friendster.com/gainadara



No comments:

Post a Comment

INA LAIRO LOKU AMA TEBA TANA